Kebiasaan-kebiasaan Yang Dapat Merusak Mata

Belajar IPA- . mata adalah oragan yang memiliki kemampuan dapat mendeteksi cahaya. Mata berbentuk bola. Mata berfungsi memberikan pengertian visual. mata memiliki oragan dalam dan oragan luar. Mata dapat mengalami kerusakan jika anda tidak menjaganya. kadang kala kebiasaan berikut ini dapat menyebabkan rusaknya mata




1. Tidur Dengan Lensa Kontak

     Menggunakan lensa kontak memang cukup membantu bagi kamu yang membutuhkannya, Hanya saja, kebiasaan buruk kamu yang malas untuk melepasnya sebelum beranjak tidur tak baik bagi kesehatan mata. Pasalnya, lensa kontak menghalangi oksigen, nutrisi dan pelumas yang dibutuhkan kornea mata. Hal inilah yang menyebabkan mata menjadi merah dan kering keesokan harinya.


2. Terlalu Lama Didepan Layar komputer

     Bekerja dengan komputer sepanjang hari menyebabkan mata kamu menjadi lelah dan kering. Sebagai upaya pencegahan, beri jarang pandang antara mata dan layar komputer sekitar 15-20 inci. Selain itu, akan sangat baik jika kamu memberikan mata waktu untuk beristirahat dengan melihat ke arah yang jauh (selain komputer) selama 30 detik.


3. Kebiasaan Menggosok Mata

      Menggosok mata untuk menghilangkan rasa gatal memang cukup logis, hanya saja kebiasaan ini justru akan mengiritasinya. Selain itu, kamu juga bisa menularkan virus dan bakteri melalui tangan yang kamu gunakan yang berujung pada infeksi. Untuk cara aman, jika ada benda asing yang menyebabkan rasa gatal, percikan air dingin pada mata.

4. Tidak Menggunakan Kaca Mata Matahari Saat Siang Hari


      Sama halnya dengan kulit, mata juga membutuhkan perlindungan ekstra dari serangan sinar Ultraviolet (UV) matahari. Paparan sinar matahari yang berkepanjangan bagi mata berhubungan dengan degenerasi makula terkait faktor usia dan kerusakan retina.

Jadi, kamu tak boleh mengabaikan penggunaan kaca mata pelindung saat berada di bawah paparan sinar matahari (terutama di atas jam 9). Untuk perlindungan terbaik, pilihlah kacamata dengan 99 persen perlindungan UV.

5. Jarang Membersihkan Peralatan Makeup

  Seiring dengan waktu, peralatan make-up (seperti kuas)dapat menjadi sarang bagi bakteri penyebab konjungtivis dan bahkan infeksi. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan peralatan make-up setidaknya sebulan sekali.

6. Sering Menggunakan bulu mata palsu 

         Menggunakan bulu mata palsu memang menambah poin untuk kecantikan kamu. Hanya saja, lem pada bulu mata dapat mengumpulkan puing-puing kotoran yang mengancam kesehatan mata. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu menghindari penggunaan bulu mata palsu. Jika memang dirasa harus, maka segeralah membersihkannya ketika sampai di rumah.
   

Subscribe My Blog